Sabtu, 07 Januari 2012

DBMS (Database Management System)

DBMS (Database Management System), yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri basis data. PBMS memiliki berbagai macam jenis, antara lain Access, Excel, dBase, Oracle, dB2, dan masih banyak lagi. Pemakai dapat memilih jenis PBMS yang ingin dipakai sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah penjelasan dari beberapa macam DBMS :

ORACLE
Oracle merupakan jenis DBMS yang hanya diperuntukan bagi perusahaan berukuran besar, dan tidak cocok untuk perusahaan kecil maupun menengah.
Kekurangan Oracle ialah software DMBS yang paling mahal, paling rumit, dan paling sulit untuk dipelajari, selain itu Oracle membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk dapat menjalankan software DMBS Oracle supaya berjalan dengan stabil.
Kelebihan Oracle ialah software DBMS yang handal dan memiliki kemampuan yang tinggi, dapat menangani jumlah data dalam ukuran yang besar, dapat mengolah data dalam ukuran besar dan mengolahnya dengan cepat sehingga didapatkan informasi yang akurat sesuai permintaan pengguna/user. Oracle juga memiliki kemampuan akan fleksibilitas dan skalabilitas yang dapat memenuhi tuntutan akan data dan informasi yang bervolume besar dan terus-menerus bertambah besar serta memiliki kemampuan Technology Cluster Server, dimana jika terdapat lebih dari satu unit server misalnya 100 unit server maka Oracle dapat menjadikan 100 unit server tersebut aktif bekerja bersama sebagai 100 aktif server, memiliki kemampuan untuk management user dan bisa berjalan pada lebih dari satu platform system operasi.

MYSQL
MySQL merupakan software DBMS yang biasa digunakan untuk perusahaan dengan skala kecil.
Kekurangan MySQL ialah tidak cocok untuk menangani data dengan jumlah yang besar, baik untuk menyimpan data maupun untuk memproses data, serta emiliki keterbatasan kemampuan kinerja pada server ketika data yang disimpan telah melebihi batas maksimal kemampuan daya tampung server karena tidak menerapkan konsep Technology Cluster Server.
Kelebihan MySQL merupakan DBMS yang gratis / open source berlisensi GPL (generic public license), tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk bisa menjalankan MWSQL ini bahkan dengan spesifikasi hardware yang minimal sekalipun, bisa berjalan pada lebih dari satu platform system, cepat dalam menjalankan perintah SQL / Structured Query Language, memiliki ragam tipe data yang sangat kaya dan memiliki beberapa lapisan keamanan, dapat melakukan koneksi dengan computer client menggunakan Protokol TCP/IP, Unix Socket (UNIX), atau Named Pipes (windows NT), memiliki antar muka / interface terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).

Microsoft SQL (MS-SQL)
Microsoft SQL ialah software DBMS yang biasa digunakan oleh perusahaan skala kecil dan menengah.
Kekurangan MS-SQL ialah hanya dapat diimpelementasikan pada 1 unit serverHanya bisa berjalan pada satu platform system operasi yaitu Microsoft Windows dan merupakan software berlisensi dan berharga mahal untuk perusahaan skala kecil dan menengah.
Kelebihan MS-SQL ialah untuk mengolah data dengan jumlah yang besar, emiliki kemampuan untuk management user, mudah dalam melakukan koneksi dengan computer client yang pembangunan aplikasinya menggunakan software yang sama platform dengan MS-SQL, memiliki tingkat pengamanan / security data yang baik, kemampuan untuk back-up data, rollback data, dan recovery data dan kemampuan untuk membuat database mirroring dan clustering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar