Jumat, 06 Januari 2012

A to Z about Jakarta


Jakarta mempunyai banyak hal, mulai dari makanan, system transportasi dan tradisi yang membuat kota ini menjadi sangat unik. Disini dimulai dari A sampai Z akan dikupas tuntas tentang Jakarta yang membuatnya berbeda dari tempat lainnya :
A => Ape    
  Kue ape merupakan salah satu makanan tradisional Jakarta yang terbuat dari tepung beras, santan dan gula. Kue yang biasanya berwarna hijau ini terlihat seperti pancake.
 


B => Busway  
  Mulai 15 Januari 2004 Busway dibuat untuk melengkapi transportasi Jakarta agar lebih nyaman. Transportasi yang biasanya disebut Busway ini terinspirasi dari “Transmilenio” sebuah system bus yang sukses di Bogota, Colombia.


C => Crocodile Bread   
  Roti buaya merupakan salah satu bagian penting di setiap pernikahan orang Betawi, kenapa buaya? Karena buaya merupakan binatang yang paling setia pada pasangannya, mereka dapat memulai hubungan yang baru dengan yang lain hanya apabila pasangannya telah meninggal.


D => Dodol   
  Dodol yang teksturnya lembut, rasa manis dan legit ini terbuat dari tepung beras, gula merah dan santan. Makanan ini terbilang special karena membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya dan membutuhkan tenaga yang kuat



E => Es Selendong Mayang  
  Tidak banyak orang yang tau jenis minuman yang terbuat dari sagu aren ini. Biasanya minuman ini diminum di mangkok kecil dengan santan, gula dan es batu. Minuman ini sangat cocok diminum saat Jakarta panas.



F => Flood  
       Satu hal yang penduduk Jakarta khawatirkan setiap musim hujan ialah banjir. Hujan deras, pasang yang tinggi, system drainase yang buruk dan sampah, terutama sampah plastik adalah beberapa faktor yang menyebabkan banjir.


G => Gambang Kromong  
Musik gambang kromong awalnya berasal dari Cina. Nama gambang kromong diambil dari 2 alat musik yang dimainkan, yaitu Gambang, alat musik yang terbuat dari kayu dan Kromong, rangkaian perkusi yang terbuat dari perunggu. Alat musik lainnya yang dimainkan di pertunjukkan musik gambang kromong ialah gendang, gong, seruling, dan biola.



 H => High Pollution
Polusi udara merupakan hal yang paling gencar di Jakarta. Asap kendaraan dan asap dari industri lah faktor utama penyeban tingginya tingkat polusi udara di Jakarta.
I => Irresistable Entertainment   
Jakarta memiliki banyak tempat hiburan, seperti Taman Mini Indonesia Indah, Taman Impian Jaya Ancol, berbagai café dan tempat hangout. Jakarta juga memiliki banyak gedung-gedung bersejarah seperti Kota Tua dan berbagai museum yang mempunyai nilai sejarah tinggi.

J => Jayakarta
Nama Jayakarta dahulu diberikan oleh Fatahillah pada tanggal 22 Juni 1527 hingga saat ini tanggal itu dijadikan sebagai hari ulang tahu Jakarta. Jayakarta berarti “Perbuatan yang menakjubkan” atau “Kemenangan yang lengkap”.
K => Kerak Telor  
Ini adalah makanan lain dari Jakarta yang rasanya sangat enak. Bahan utamanya antara lain ketan, telur bebek, udang rebon (ebi) dan parutan kelapa kering. Kalian dapat membeli makanan ini di beberapa tempat di Jakarta, terutama di bulan Juni saat perayaan ulang tahun Jakarta

L => Lovable Parks   
Pembangunan taman di Jakarta sangat bagus untuk penghijauan. Saat ini telah ada Taman Menteng, Taman Kelapa Gading dan beberapa taman yang sebelumnya telah ada seperti Taman Situ Lembang dan Surapati di Menteng.



M =>Monas   
Monumen Nasional atau Monas yang berada di pusat kota Jakarta dibangun pada tahun 1960. Pada puncak Monas terlihat seperti kobaran nyala api yang terbuat dari 14,5 ton perunggu berlapis 35 kg emas, yang menyimbolkan perjuangan masyarakat Indonesia untuk meraih kemerdekaan.


N =>Nasi Uduk   
  Nasi ini dimasak dengan menggunakan santan dan disajiakan dengan ayam goring, telur, tahu dan tempe. Jika kamu terlalu sibuk  untuk membuat nasi sendiri, kamu dapat dengan mudah membelinya diberbagai tempat di Jakarta. Salah satu yang paling terkenal ialah nasi uduk di Kebon Sirih.




O =>Ondel-Ondel  
Ondel-ondel adalah boneka yang sangat besar, tingginya mencapai 2,5-3 meter dengan diameter tubuh sekitar 80 cm. Yang membedakan ondel-ondel wanita putih dan pria berwarna merah.


P => Pancong   
Pancong adalah salah satu jajanan yang terbuat dari tepung beras dicampur dengan parutan kelapa. Taburkan gula pasir diatasnya dan makan saat masih hangat, yummy!






Q => Quirky Transportation System : Bajaj  
Kendaraan yang biasanya berwarna biru atau orange ini sangat unik karena suaranya yang berisik. Tapi saat ini telah ada bajaj yang ramah lingkungan yang tidak menggunakan bahan baker, yaitu BBG (Bahan Bakar Gas) yang tidak berisik suaranya.
       R =>Rangi  
Bentuk kue rangi sama dengan kue pancong dan juga menggunakan parutan kelapa. Yang membedakannya dengan kue rangi ialah dengan menggunakan parutan kelapa kukus dan tepung singkong, itu lengket dan disajikan dengan topping special yang terbuat dari gula merah dan tepung singkong.

S =>Shop Till You Drop  
Jakarta memiliki banyak tempat berbelanja, mulai dari pasar tradisional sampai mall. Kota ini memang surga belanja.
T =>Tanjidor  
Tanjidor adalah salah satu pengaruh dari orang Portugis yang ada di Jakarta pada abad ke 14-16, karena kala Tanjidor diperoleh dari Kota Portugis yaitu tanger yang berarti memainkan alat musik.



U =>Undeniable Heterogeneily
Orang Betawi, Belanda, Cina dan Arab banyak berada di Jakarta, sehingga membuat keragaman budaya.
V =>Very Bad Traffic Jam
Pada jam-jam sibuk terutama saat pagi dan pulang kantor, yaitu pukul7-9 pagi dan 5-7 sore merupakan waktu sering terjadinya macet.
W =>Waterway
Akhir tahun 2007 pemerintah meluncurkan penggunaan jalur air dari Kali Malang ke Kali Manggarai. Tetapi karena danau atau kalinya penuh dengan sampah, maka kapalnya tidak dapat dijalankan
X =>Xtraordinary Setu Babakan   
Di kampong Betawi ini, kalian dapat menemukan makanan tradisional Betawi, kehidupan masyarakat Betawi dan menikmati pertunjukkan budaya Betawi, serta duduk santai di pinggir danau.



Y =>Yay! It’s The Blue Line
Pada 30 November 2007, Pemerintah DKI Jakarta dan PT Kereta API meluncurkan URL Ciliwung Blue Line. Rutenya Manggarai-Sudirman-Karet-Tanah Abang-Puri angke-Kampung Bandan-Kemayoran-Basar Senen-Kramat-Jatinegara, kemudian kembali lagi ke Manggarai.
Z =>Zoo, Ragunan  
Kebun binatang di Jakarta dibangun pada tahun 1864 di Cikini, kemudian pada tahun 1966 dipindahkan ke Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan, Ragunan memiliki 260 spesies binatang dan di Pusat Primata Schmutzer yang merupakan pusat primate terbesar di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar